i'm in process to be success

i'm in process to be success

Jumat, 12 Oktober 2012

JANGAN MEREMEHKAN BAHASA INDONESIA





            Banyak orang indonesia beranggapan bahwa bahasa indonesia bukanlah bahasa yang sulit di bandingkan bahasa lain, seperti bahasa inggris, bahasa jepang, bahasa jerman, bahasa perancis, dan bahasa-bahasa asing lainnya. Karena anggapan beberapa orang indonesia bahwa bahasa indonesia mudah untuk dipelajari karena sudah menjadi bahasa sehari-hari, banyak bangsa indonesia yang meremehkan dan menyepelekan untuk belajar bahasa indonesia.
            Padahal, menurut saya dan beberapa teman saya dari mulai teman saat SMP, SMA, sampai perguruan tinggi yang sekarang saya jalani sebanyak 75% menganggap bahwa bahasa indonesia adalah bahasa yang sulit. Walaupun bahasa indonesia adalah bahasa kita sehari-hari, tapi jika kita pelajari bahasa indonesia dengan benar, bahasa indonesia itu sangatlah sulit. Banyak istilah-istilah, aturan-aturan kebahasaan yang harus di pahami dengan benar.
            Terbukti dengan nilai di Ujian nasional, hampir sebagian besar siswa mulai dari siswa-siswi SD, SMP, SMA mendapat nilai terkecil di pelajaran bahasa indonesia. Dibanding dengan pelajaran bahasa inggris, banyak siswa yang mendapatkan nilai yang besar di pelajaran bahasa inggris. Itu dikarenakan siswa-siswi tersebut menganggap bahwa bahasa indonesia adalah bahasa yang mudah,yang tidak perlu di pelajari lebih dalam lagi.
            Karena anggapan seperti itu, banyak siswa yang menyepelekan bahasa indonesia, tidak mau mengikuti pelajaran bahasa indonesia dengan serius. Mereka lebih tertarik dengan bahasa asing yang menurut mereka sulit. Karena dengan menganggap sesuatu yang sulit itu adalah tantangan dan harus dapat di pelajari, mereka bersungguh-sungguh untuk mempelajari bahasa-bahasa asing tersebut. Sedangkan untuk bahasa indonesia yang mereka anggap mudah, tidak perlu di pelajari secara mendalam dan terbukti bahwa hasilnya pun berbeda.
            Maka kita harus mengubah pola pikir kita yang menyepelekan bahasa indonesia, kita harus menjadikan bahasa indonesia itu sesuatu yang sulit bukan untuk menjadi beban, tapi jadikanlah kesulitan itu sebagai tantangan dan acuan kita agar dapat mempelajari bahasa indonesia dengan sungguh-sungguh dan kita baru dapat berkata bahwa bahasa indonesia itu mudah, setelah kita benar-benar mempelajarinya.

1 komentar:

  1. setuju... w lgi benci bgt ma anak mipa gara2 nyepelein jurusanku.... hiiish sebel...

    BalasHapus