i'm in process to be success

i'm in process to be success

Selasa, 04 September 2012

tugas RPP calon guru :)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                       : SMPN 7 Bandung
Mata Pelajaran          : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester          : VII/1
Alokasi Waktu           : 4 x 40 menit (2x Pertemuan)
Standar Kompetensi : Memahami isi berbagai teks bacaan sastra dengan membaca.
Kompetensi Dasar     : Menceritakan kembali cerita anak yang dibaca.
Indikator                    :  1. Mengidentifikasi perwatakan tokoh dalam cerita anak.
                                       2. Mengidentifikasi latar dalam cerita anak.
                                       3. Menentukan tema dari cerita anak.
                                       4. Menentukan amanat dalam cerita anak.
                                       5. Menceritakan kembali secara lisan cerita anak yang dibaca.

A.      Tujuan Pembelajaran
Pertemuan pertama :
1.      Siswa dapat mengidentifikasi tokoh-tokoh dalam cerita anak.
2.      Siswa dapat mengidentifikasi perwatakan masing-masing tokoh dalam cerita anak.
3.      Siswa dapat mengidentifikasi latar tempat dan waktu dalam cerita anak.
4.      Siswa dapat menentukan tema cerita anak
5.      Siswa dapat menentukan peristiwa paling penting dalam cerita anak.
6.      Siswa dapat menentukan amanat dalam cerita anak.
Pertemuan kedua :
Siswa dapat menceritakan kembali secara lisan cerita anak yang dibaca.





B.       Materi Ajar
Teks Cerita Anak yang Dibaca
Judul : Sangkuriang

C.      Metode Pembelajaran
Bercerita, tanya jawab, penugasan

D.      Langkah-langkah Pembelajaran
Ø  Pertemuan I (2 x 40 menit)
A.    Kegiatan Awal (Pendahuluan)
1.      Siswa bertanya jawab tentang berbagai cerita anak yang pernah dibaca atau didengarkan.
2.      Bertanya pada siswa tentang cerita anak yang paling disukai dan alasannya.
3.      Salah satu siswa menceritakan kembali secara ringkas cerita anak yang pernah dibaca atau didengarkan.
B.     Kegiatan Inti
1.      Siswa mendengarkan cerita anak yang dibacakan oleh guru.
2.      Siswa mendiskusikan tokoh-tokoh dalam cerita anak.
3.      Siswa mendiskusikan perwatakan masing-masing tokoh cerita anak.
4.      Siswa mendiskusikan latar tempat dan waktu dalam cerita anak.
5.      Siswa mendiskusikan peristiwa paling penting dalam cerita anak.
6.      Siswa mendiskusikan tema cerita anak.
7.      Siswa mendiskusikan amanat yang terkandung dalam cerita anak.
C.     Kegiatan Akhir (Penutup)
1.      Siswa dan guru berdiskusi tentang tokoh, perwatakan, latar (tempat dan waktu), peristiwa paling penting, tema, dan amanat cerita anak.
2.      Salah satu siswa menceritakan kembali cerita anak tersebut dengan menggunakan kata-kata sendiri.
3.      Siswa diberi tugas untuk mencari cerita anak yang lain, dan menceritakan kembali secara lisan di pertemuan berikutnya.




Ø  Petemuan II (2 x 40 menit)
A.    Kegiatan Awal (Pendahuluan)
1.      Siswa bertanya jawab tentang cerita anak yang telah dipelajari pada pertemuan yang lalu.
2.      Siswa mengungkapkan kembali penokohan, latar, tema, dan amanat dalam cerita anak tersebut.
3.      Siswa mengomentari tokoh, latar, tema, dan amanat dalam cerita anak tersebut.
B.     Kegiatan Inti
1.      Siswa mempersiapkan cerita anak yang dibawa.
2.      Siswa diberi waktu untuk berlatih dan bersiap untuk menceritakan cerita anak di depan kelas.
3.      Secara berurutan siswa menceritakan cerita anak di depan kelas.
4.      Siswa lain memperhatikan siswa yang membacakan cerita anak di depan kelas.
C.     Kegiatan Akhir (Penutup)
1.      Siswa lain mengomentari cerita anak yang dibacakan siswa di depan kelas.
2.      Siswa mendiskusikan tokoh, perwatakan, latar (tempat dan waktu) dalam cerita anak tersebut.
3.      Siswa mengaitkan isi cerita anak dengan kehidupan sehari-hari dilihat dari amanat cerita anak.
4.      Siswa memperhatikan cerita anak lain yang diceritakan oleh siswa lain.

E.   Sumber Belajar
A.    Alat/Bahan :
Teks Cerita Anak
B.     Sumber Belajar :
Buku Kumpulan Cerita Anak
Internet
Majalah Anak


F.   Penilaian
I. Tes dan lisan
II. Soal
A.    Tes Tulis
Bacalah cerita anak berikut ini !
Si Kancil dan Siput

Pada suatu hari si kancil nampak ngantuk sekali. Matanya serasa berat sekali untuk dibuka. “Aaa....rrrrgh”, si kancil nampak sesekali menguap. Karena hari itu cukup cerah, si kancil merasa rugi jika menyia-nyiakannya. Ia mulai berjalan-jalan menelusuri hutan untuk mengusir rasa kantuknya. Sampai di atas sebuah bukit, si Kancil berteriak dengan sombongnya, “Wahai penduduk hutan, akulah hewan yang paling cerdas, cerdik dan pintar di hutan ini. Tidak ada yang bisa menandingi kecerdasan dan kepintaranku”.
Sambil membusungkan dadanya, si Kancil pun mulai berjalan menuruni bukit. Ketika sampai di sungai, ia bertemu dengan seekor siput. “Hai kancil !”, sapa si siput. “Kenapa kamu teriak-teriak? Apakah kamu sedang bergembira?”, tanya si siput. “Tidak, aku hanya ingin memberitahukan pada semua penghuni hutan kalau aku ini hewan yang paling cerdas, cerdik dan pintar”, jawab si kancil dengan sombongnya.
Siput“Sombong sekali kamu Kancil, akulah hewan yang paling cerdik di hutan ini”, kata si Siput. “Hahahaha......., mana mungkin” ledek Kancil. “Untuk membuktikannya, bagaimana kalau besok pagi kita lomba lari?”, tantang si Siput. “Baiklah, aku terima tantanganmu”, jawab si Kancil. Akhirnya mereka berdua setuju untuk mengadakan perlombaan lari besok pagi.
Setelah si Kancil pergi, si siput segera mengumpulkan teman-temannya. Ia meminta tolong agar teman-temannya berbaris dan bersembunyi di jalur perlombaan, dan menjawab kalau si kancil memanggil.
Akhirnya hari yang dinanti sudah tiba, kancil dan siput pun sudah siap untuk lomba lari. “Apakah kau sudah siap untuk berlomba lari denganku”, tanya si kancil. “Tentu saja sudah, dan aku pasti menang”, jawab si siput. Kemudian si siput mempersilahkan kancil untuk berlari dahulu dan memanggilnya untuk memastikan sudah sampai mana si siput.
Kancil berjalan dengan santai, dan merasa yakin kalau dia akan menang. Setelah beberapa langkah, si kancil mencoba untuk memanggil si siput. “Siput....sudah sampai mana kamu?”, teriak si kancil. “Aku ada di depanmu!”, teriak si siput. Kancil terheran-heran, dan segera mempercepat langkahnya. Kemudian ia memanggil si siput lagi, dan si siput menjawab dengan kata yang sama.”Aku ada didepanmu!”
Akhirnya si kancil berlari, tetapi tiap ia panggil si siput, ia selalu muncul dan berkata kalau dia ada depan kancil. Keringatnya bercucuran, kakinya terasa lemas dan nafasnya tersengal-sengal.
Kancil berlari terus, sampai akhirnya dia melihat garis finish. Wajah kancil sangat gembira sekali, karena waktu dia memanggil siput, sudah tidak ada jawaban lagi. Kancil merasa bahwa dialah pemenang dari perlombaan lari itu.
Betapa terkejutnya si kancil, karena dia melihat si siput sudah duduk di batu dekat garis finish. “Hai kancil, kenapa kamu lama sekali? Aku sudah sampai dari tadi!”, teriak si siput. Dengan menundukkan kepala, si kancil menghampiri si siput dan mengakui kekalahannya. “Makanya jangan sombong, kamu memang cerdik dan pandai, tetapi kamu bukanlah yang terpandai dan cerdik”, kata si siput. “Iya, maafkan aku siput, aku tidak akan sombong lagi”, kata si kancil.
1.    Sebutkan tokoh-tokoh dan perwatakannya serta kalimat/paragraf yang mendukung dalam cerita anak tersebut !
2.    Sebutkan latar tempat dan waktu dalam cerita tersebut !
3.    Tentukan tema cerita anak tersebut !
4.    Tentukan amanat dalam cerita anak tersebut !

B.       Tes Lisan
Ceritakan kembali isi cerita anak tersebut dengan kalimat mu sendiri di depan kelas !



III.  Jawaban
1.      a. Kancil : sombong, mulut besar.
 “Tidak, aku hanya ingin memberitahukan pada semua penghuni hutan kalau aku ini hewan yang paling cerdas, cerdik dan pintar”, jawab si kancil dengan sombongnya.
b. Siput : cerdik, baik, sabar.
“Setelah si Kancil pergi, si siput segera mengumpulkan teman-temannya. Ia meminta tolong agar teman-temannya berbaris dan bersembunyi di jalur perlombaan, dan menjawab kalau si kancil memanggil.”
2.      a. Latar tempat : hutan, bukit, jalan.
b. Latar waktu : pagi hari.
3.      Cerita tersebut bertema tentang kesombongan si kancil dan kecerdikan si siput.
4.      Amanat dalam cerita tersebut adalah janganlah menjadi seorang yang sombong, karena sombong perbuatan yang tidak baik, jangan merendahkan orang lain karena sebenarnya masih banyak yang lebih dari diri kita. Orang sombong dapat dikalahkan oleh orang yang cerdik.

G.   Kriteria Penilaian
A.    Tes Tulis
Soal Nomor 1 : a. Apabila siswa menjawab benar dan lengkap nilai 3
                         b. Apabila siswa menjawab benar dan kurang lengkap nilai 1
Soal Nomor 2 :  Apabila siswa menjawab dengan benar nilai 2
Soal Nomor 3 :  Apabila siswa menjawab dengan benar dan sesuai cerina nilai 2
Soal Nomor 4 : a. Apabila siswa menjawab dengan benar dan lengkap nilai 3
                         b. Apabila siswa menjawab dengan benar dan kurang lengkap nilai 2

Perhitungan nilai akhir :  perolehan skor           x 100
                                        Skor maksimum(10)



B.     Tes Lisan
Berilah tanda cek (√) pada kolom 1,2,3,atau 4 dengan ketentuan : 1 = kurang; 2 = sedang; 3 = baik ; 4 = sangat baik.

Nama Siswa : ...................................
Tanggal : ..........................................
Judul Cerita : ....................................
No.
Aspek
Deskriptor
1
2
3
4
1
Kesesuaian isi
Isi cerita sesuai dengan pokok-pokok cerita yang disusun




2
Kesesuaian visualisasi
Visualisasi mendukung isi cerita




3
Pelafalan
Pelafalan kata secara jelas dan tepat




4
Jeda dan Intonasi
Pengaturan jeda, tinggi-rendah nada, keras- lemah suara, dan cepat-lambat cerita




5
Gerak/mimik
Keserasian antara ekspresi wajah, gerak, sikap, dan ucapan





Skor maksimal:
No 1.    = 1
No 2.    = 2
No 3.    = 2
No 4.   = 20
Jumlah = 25

Perhitungan Nilai Akhir : perolehan skor        x   100   x  bobot 20%
                                        skor maksimal (5)

                       Mengetahui,                                                                 Bandung, 02 April 2012
Kepala SMPN 7 Bandung                                                                 Guru Bahasa Indonesia


(_____________________)                                                                (ANGGITA DEWI P)
NIP/NIK. ...........................                                                                NIM. 1100921

Tidak ada komentar:

Posting Komentar